Air Terjun Kedung Kandang, Pesona Alam Yang Dikelilingi Sawah

Air Terjun Kedung Kandang sedikit berbeda dengan air terjun lainnya, air terjun ini berada pada hamparan tebing batu dan persawahan yang berundak atau membentuk terasiring atau anak tangga seperti yang ada di Ubud, Bali. Oleh sebab itu Air Terjun ini bisa dibilang memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian masyarakat.

Untuk menuju lokasi air terjun ini pun anda harus trekking atau berjalan kaki terlebih dahulu sejauh kurang lebih 900 meter dengan melewati rute naik turun bukit. Walau demikian anda tidak perlu khawatir akan merasakan bosan karena selama diperjalanan anda akan disuguhkan pemandangan persawahan serta pepohonan hingga gemercik suara air dan merdunya suara burung yang akan menemani perjalanan anda menuju Air Terjun Kedung Kandang.

Air Terjun Kedung Kandang paling cocok kita kunjungi disaat musim hujan antara bulan Oktober hingga Maret karena jika anda mengunjungi wisata Air Terjun ini saat musim kemarau, bisa dipastikan debit air terjun akan berkurang atau sedikit bahkan terkadang tidak ada airnya sama sekali. Selain itu jika kita beruntung, kita akan menemui tanaman padi yang sedang hijau-hijaunya yang akan menambah keindahan pesona alam Air Terjun Kedung Kandang yang memiliki 6 tingkatan air ini. Dikarenakan lokasinya yang lumayan jauh dari tempat parkir dan tidak ada warung disekitar air terjun, anda harus membawa bekal atau air minum dan jika perlu makanan ringan untuk mengganjal perut.

Air Terjun Kedung Kandang

Baca juga » Pantai Ngandong, Menikmati Sunrise Di Pesisir Gunung Kidul

Fasilitas Wisata

Fasilitas yang ada di tempat wisata Air Terjun ini dapat dikatakan sudah bagus dan lumayan lengkap, namun demikian masih tetap harus ditingkatkan untuk lebih memenuhi keperluan dan kebutuhan para wisatawan yang berkunjung, fasilitas yang ada di tempat wisata ini diantaranya adalah:

Wahana :

• Spot Foto
  • Gazebo

Fasilitas Pendukung :

• Toilet
  • Tempat Parkir

Rute Menuju Lokasi Air Terjun

Lokasinya yang berada di Gunungkidul, keadaan jalan menuju lokasi Air Terjun sudah cukup baik, namun terdapat jalanan yang masih berupa tanah kurang lebih 100 meter sebelum menuju tempat parkir. Perjalanan akan mulai terasa menanjak waktu anda melewati pertigaan piyungan menuju Kecamatan Patuk.

Rute menuju lokasi bisa kita ditempuh dari arah kota Yogyakarta kita harus menempuh perjalanan menuju Jalan Jogja-Wonosari hingga pertigaan Piyungan kemudian lurus menuju arah Kecamatan Patuk. Sesampainya persimpangan Koramil Patuk atau persimpangan Pusat Informasi Pariwisata Patuk kemudian kita bisa belok ke kiri terus ikuti jalan hingga menjumpai jembatan lalu belok ke kanan.

Jarak dari Kota Jogja ke lokasi Air Terjun kurang lebih 25 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju tempat wisata kurang lebih 55 menit.

Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kandang

Untuk harga tiket masuk lokasi wisata masih dapat dibilang murah yaitu hanya sebesar Rp. 8.000. Sedangkan untuk biaya parkir lokasi wisata Air Terjun anda hanya perlu mengeluarkan Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Baca juga » Pantai Klatak, Hamparan Keindahan Batu Kali Di Pesisir

Air Terjun Kedung Kandang bisa jadi salah satu alternatif bagi anda yang ingin berwisata ke yogyakarta. Terlebih bila anda pecinta keindahan alam, air terjun yang berada di gunung kidul ini bisa jadi pilihan yang tepat.